Rabu, 04 Juni 2014

Sejarah Singkat SMKN-1 PALANGKARAYA

Sejarah Singkat
     Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palangka Raya (SMKN-1), Awalnya adalah Sekolah Teknologi Menengah Swasta yang dikelola oleh PEMDA Tingkat I Kalimantan Tengah sejak Tahun 1969 s/d 1978 dengan nama STM Pemda. Berdasarkan surat keputusan Mendikbub No. 0299/1978 tanggal 15 Oktober 1978 ditetapkan menjadi sekolah menengah Negeri 1 (STM Negeri 1) Palangka Raya. Seiring dengan perkembangan zaman, Berdasarkan surat keputusan kepala bidang pendidikan Menengah  kejuruan Provinsi k a l i m a n t a n  T e n g a h  No. 1238/I.25.10/Kp/1997 Tanggal 24 maret 1997 tentang validasi perubahan nomenklatur SMKTA dari STM Negeri 1 Palangka  Raya menjadi SMK Negeri 1 Palangka Raya.
SMK Negeri 1 Palangka Raya berdiri diatas sebidang tanah seluas 32.714 M2 yang terletak di Jl. Tambun Bungai no. 77 yang menghubungkan antara jalan Ahmad yani (jalan protokol) dengan jalan diponegoro, sehingga untuk sampai di kampus SMK Negeri 1 Palngka Raya jika berjalan kaki baik dari jalan A.yani maupun jalan Diponegoro, hanya memerlukan waktu 5 menit atau berjarak kurang lebih 250 M.  Selain itu, untuk mencapai kampus SMK Negeri dapat di tempuh dengan menggunakan berbagai macam alat transpormasi baik angkutan umum maupun pribadi.
SMK Negeri 1 Palangka Raya awalnya hanya memiliki 3 (tiga) jurusan,yaitu:
  1. Bangunan Gedung
  2. Listrik
  3. Mesin
Seiring dengan pemenuhan akan kebutuhan  tenaga kerja yang diperlukan oleh pemerintah daerah serta dunia usaha/ industri maka dri 3 (tiga) jurusan yang dikembangkan lagi menjadi 5 (lima) program keahlian yaitu:
  1. Bangunan Gedung
  2. Elektronika Komonikasi
  3. Listrik Instalasi
  4. Mesin
  5. Otomotif
Setelah Pemerintah melalui D e p e r t e m e n  P e n d i d i k a n  d a n  k e b u d a y a a n harus segera mempersiapkan sumberdaya manusia melalui pendidikan dan pelatihan, untuk itu sejak diberlakukan kurikulum 1984, maka 5 jurusan yang ada dikembangkan lagi menjadi 10 program keahlian diantaranya :
  1. Teknik Konsturksi Batu dan Beton
  2. Teknik Gambar Bangunan
  3. Teknik Survei dan Pemetaan
  4. Teknik Kerja Kayu
  5. Teknik Audio Video
  6. Teknik Instalasl Listrik
  7. Teknik Rekayasa Perangkat Lunak
  8. Teknik Permesinan
  9. Teknik Las
  10. Teknik Otomotif
SMK Negeri 1 Palangka Raya dalam rangka membekali ilmu pengaetahuan dan keterampilan peserta didik agar kelak setelah lulus dapat bersaing dalam mengisi lapangan kerja, maka selain didukung oleh tenaga-tenaga pengajar yang sangat kompeten di bidang masing-masing juga bekerjasama dengan berbagai Asosiasi Propesi Diantaranya  GAPENSI, GAPEKSINDO, INKINDO, AKLI, BPN, Bengkel- bengkel resmi dan Perusahaan-Perusahaan lain yang ada relenvansi dengan program keahlian yang ada disekolah, sehingga bisa pergunakan sebagai tempat praktek (PRAKERIN).
visi dan misi
1.VISI SMKN-1 PALANGKA RAYA
SEKOLAH MEMILIKI SDM YANG PROFESIONAL UNTUK MENDAPATKAN LULUSAN :
  1. BERKUALITAS, TERAMPIL DAN MANDIRI
  2. YANG DIBUTUHKAN MASYARAKAT ATAU DUNIA KERJA
  3. YANG BERBASIS LOKAL SERTA BERWAWASAN GLOBAL
2.MISI SMKN- 1 PALANGKA RAYA
1. Meningkatkan profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan melalui    Pendidikan, Pelatihan,  Tugas belajar serta Magang baik didalam maupun luar negeri.
2. Menyediakan Sarana & Prasarana KBM sesuai standar dengan prinsip tepat :
Waktu, Kwalitas, Kwantitas dan tepat sasaran
3. Melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) untuk menyiapkan lulusan yang berjiwa ISEN MULANG melaui kemitraan dengan DU/Di Dalam maupun Luar Negeri
4. Memenuhi Kebutuhan tenaga kerja yang berkarakter mandiri dan disiplin

SMKN 1 PALANGKARAYA merupakan salah satu sekolah unggulan Kejuruan di kota cantik Palangkaraya mayoritas murinya adalah laki-laki namun masih ada murid perempuannya namun dpt dihitung dengan jari sekolah ini memiliki ruang Lab KKPI,Ruang UKS,Ruang Aula,lapangan Voly,Lapangan Basket,Lapangan Bola,Musolah,serta sekolah ini memiliki beberapa jurusan.berikut jurusan yang terdapatdidalam sekolah ini :

1.Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak adalah jurusan yang paling banyak di minati oleh beberapa murid karena jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang mempunyai potensi yang sangat besar untuk dapat di terima bekerja di prusahaan swasta  maupun di perkantoran,karna jurusan ini mempelajari tentang hadwere dan software pada komputer serta jurusan ini mengmembangkan ilmu Teknolgi Informatika misalnya dalam pembuatan sebuah Web maupun Program Serta menjalankan sebuah program baik itu program dasar maupun sampai program khusus,juga tak kalah penting jurusan ini juga mengajarkan kepada para muridnya dalam cara perakitan sebuah Laptop dan CPU,di bandingkan dengan jurusan lain Untuk jurusn RPL merukan salah satu jurusan yang murid perempuannya agak banyak karna jurusan yang lain merupakan jurusan yang kebanyakan untuk para murid laki-laki namun ada juga dijurusan lain  yang memiliki murid perempuan tapi  lebih sedikit dibandingkan jurusan RPL.

2.Jurusan Audio Vidio adalah salah satu jurusan yang bergerak dibidang elektronik misalnya seperti untuk tata cara memperbaiki barang-barang elektronik seperti TV,DVD,dan lain-lain yang berhubungan dengan elektronik untuk jurusan ini Mayoritas muridnya hampir semuanya laki-laki namun dari tahun ke tahun jurusan ini mulai ada peminatnya dari murid perempun namun tidak begitu banyak.

3.Jurusan Gambar adalah salah satu jurusan yang merupakan salah satu jurusan yang juga di unggulkan selain jurusan RPL  karna Jurusan ini masih ada hubungan dengan komputer,tapi untuk jurusan gambar lebih identik dengan hitung menghitung karna mereka bergerak di bidang arsitek atau menggabar sebuah bangunan,nah untuk jurusan ini untuk murid wanitannya menempati urutan kedua setelah jurusan RPL kebanyakan yang masuk gambar adalah murid-murid yang memiliki hoby menggambar.

4.Jurusan TSM adalah jurusan yang bergerak dibidang otomotif atau masalah sepeda motor,jurusan ini juga adalah jurusan yang paling banyak diminati oleh para murid laki-laki karena bagi para murid laki-laki yang memiliki hoby memodifikasi motor ini dalah salah satu jurusan yang mereka minanti untuk jurusan ini mayoritas muridnya laki-laki semua pada tahun angkatan saya semua muridnya laki-laki,tidak ada satupun perempuannya.

5.Jurusan Survey adalah jurusan yang bergerak di bidang pengukuran tanah untuk jurusan yang paling sering kelur pada saat prakteknya ilah jurusan survey hampir setiap mataplajaran produktif mereka praktek diluar baik diluar sekolah maupun diluar sekolah namun bukan berati mereka jurusan yang paling santi justru mereka adalah jurusan yang tingkat kesulutnnya hmpir sama seperti jurusn RPL dan Gambar jika tidak teliti sedikit salah rumus perhitungannya maka semuanya akn salah jurusan survey identik dengan hitung menghitung,untuk ulangan saja mereka diperbolehkan menggunakan kalkulator pada saat ulangan produktifnya karna perhitungannya menggunakan hitung-hitungan yang rumit.untuk jurusan ini menempati urutan ketiga untuk  murid perempuannya.

6.Jurusan Listrik adalah jurusan yang berhubungan dengan listrik untuk jurusan ini saya tidak dapat menjelaskan lebih luas karna saya kurng memahami tentang jurusan ini.

7.Jurusan Las adalah Jurusan yang paling sedikit peminanya bahkan pada tahun angkatan saya muridnya hanya 8 orang ya kalau ada yang mau dapat rengking 1 masuk jurusn ini deh saya sarankan hehe karna muridnya sedikit  peluang untuk dapat rengking cukup besar untuk lebih luasnya saya tidak begitu tentang jurusan ini.

8.Jurusan TKR adalah jurusan yang sama dengan jurusan otomotif atau TSM jurusan ini mayoritas muridnya laki-laki,untuk jurusan ini saya tidk dapt menjelaskn pnjang lebar karn jurusan ini hampir sama dengan TSM nmun lebih identik dengan mesin Mobil.

Masih banyak jurusan yang lainnya namun saya hanya memaparkan sebagian dari jurusan yang ada di SMKN 1 PALANGKARAYA,Mungkin bagi Teman yang berminat masuk sekolah ini bisa mengetahui apa saja jurusan yang ada di sekolah ini gambar yang di atas dan dibawah ini merupakan para Alumni SMKN-1 Palangkaraya jurusan RPL...
Rekapitulasi Sekolah
SMKN 1 Palangka Raya
1066 siswa
214 guru
12 jurusan
33 kelas
8 pelajaran
- ekstrakurikuler
sumber: database SIAP Administrasi 2.0
Info Sekolah
SMKN 1 Palangka Raya
NPSN30203494 
NSS321146001001 
NamaSMKN 1 Palangka Raya 
Akreditasi
AlamatJL. TAMBUN BUNGAI NO 77 PALANGKARAYA 
Kodepos73111 
Nomer Telpon(0536)3221756 
Nomer Faks["(0536) 3230226"] 
Emailsmkn_1palangkaraya@yahoo.co.id 
JenjangSMK 
StatusNegeri 
Situssmkn1-palangkaraya.sch.id 
Lintang-2.212187845809625 
Bujur113.9240974187851 
Ketinggian10 
Waktu BelajarSekolah Pagi dan Siang 
Lokasi Sekolah
SMKN 1 Palangka Raya
KotaKota Palangkaraya 
PropinsiKalimantan Tengah 
KecamatanPahandut 
KelurahanLangkai 
Kodepos73111 


Halaman Profil Sekolah
Tags:
- See more at: http://30203494.siap-sekolah.com/sekolah-profil/#sthash.MhQB2xnQ.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar